IMG-20190630-WA0003
IMG-20190630-WA0004
IMG-20190630-WA0000
previous arrow
next arrow

SOKONG! Volume 01 merupakan sebuah buku foto hasil abstraksi dari sembilan publikasi digital bulanan yang telah diterbitkan oleh SOKONG! pada tahun 2018. Pada Volume 01 ini, SOKONG! mengajak Kurniadi Widodo –seorang fotografer lepas, pendidik fotografi, kurator– untuk berkolaborasi sebagai editor tamu yang berhak melakukan de-/rekontekstualisasi terhadap total 374 foto dari 122 judul karya oleh 81 partisipan dari berbagai daerah di Indonesia yang masuk melalui panggilan terbuka publikasi digital SOKONG!.

Pada diskusi dan peluncuran buku foto SOKONG! Vol. 01 ini, melalui perspektif penyuntingan foto dan teks, Kurniadi Widodo bersama SOKONG! melakukan percakapan intensif selama dua jam terkait kemungkinan apa saja yang bisa dilihat, dibaca, dibongkar, dan disusun kembali di dalam praktik panggilan terbuka suatu publikasi kolektif dan bagaimana relasinya dengan strategi artistik dan pernyataan ideologis.

Eksperimentasi, kritik diri, kristalisasi, re-kreasi, penerjemahan praktik artistik, kisah fiktif, hubungan ideologis, protagonis, pengadeganan dalam membangun alur naratif, perpotongan preferensi, respons terhadap kecenderungan penyikapan foto yang over-intellectualizing, bagaimana gambar itu sendiri tampil untuk berkomunikasi dengan gambar yang lain di dalam seni editing, foto bisa dilihat sebagai serakan kata yang kemudian dirangkai menjadi kalimat lalu paragraf dan seterusnya ….. adalah sebagian kata kunci yang muncul dari diskusi dan peluncuran buku foto SOKONG! Vol. 01 bersama guest editor Kurniadi Widodo di Goethe-Institut Jakarta pada tanggal 28 Juni 2019.

Diskusi dan peluncuran buku foto ini menjadi bagian dari Fringe event Jakarta International Photo Festival (JIPFest) 2019. 

foto dokumentasi: Rahmawok